Menjadikan Peristiwa Agung “Nuzulul Qur’an” Tak Sekedar Sejarah, Namun Lebih Mentadaburi dan Memaknai Al-Qur’an

Nuzulul Qur’an secara harfiah berarti Turun al-Qur’an. Bagi umat Muslim merupakan peristiwa penting yang selalu diperingati setiap tahunnya. Peristiwa ini terjadi pada tanggal ke-17 bulan suci Ramadhan.

Pada malam itu, Al-Qur’an dalam jumlah dan bentuk yang utuh dan komplit, diturunkan dari lauhulmahfuz ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Setelah itu, dari langit dunia, Al-Qur’an diturunkan kepada Rasulullah SAW secara bertahap sesuai dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi bahkan tanpa peristiwa sekalipun dalam jangka waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari melalui perantara malaikat Jibril -‘alaihi wa sallam-.

Peritiwa Nuzulul Qur’an ini tertulis di dalam Surat Al-Baqarah Ayat 185, “Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)”.

Juga tercatat dalam hadits riwayat “Thobari, An Nasai dalam Sunanul Kubro, Al Hakim” dalam Mustadroknya, Al Baihaqi dalam Dalailun Nubuwwah. Hadits ini disahihkan oleh Al Hakim dan disetujui oleh Adz Dzahabi. Ibnu Hajar pun menyetujui sebagaimana dalam “Al Fath”, 4: 9).

Selamat mempelajari dan menelaah al-Qur’an!

Posted in Catatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *